Tuesday, September 12, 2006

begin fasting, begin the holy month

ukm kampus sudah menyebutkan dengan resmi kapan awal puasa. hum, tindakan yang cukup berani, bukankah demikian? mengingat belum ada pengumuman dari pemerintah dan baru berdasarkan perhitungan kalender semata.

selama ini, hilal, hisab dan rukyat seringkali menjadi perdebatan.

apakah tahun ini akan terjadi perdebatan yang sama?

lepas dari perbedatan itu, semangat Ramadhan yang mulai terasa membuat aku seperti merasakan penyegaran ruhani, seperti pembaharuan jiwa dan pencerahan wahana intelektual.. padahal belum cukup berlatih untuk puasa kali ini..

tetap berdoa demi perbaikan diri dan keselamatan dalam perjalanan hidup yang kutiti sendiri ini.. makin terasa, betapa semakin umur kita bertambah, semakin berat pula beban hidup yang harus kita emban. semoga Ramadhan meringankan semua itu.

dengan atmosfirnya yang berbeda, dengan semangat baru yang dibawanya, dengan semua jiwa yang terbangun karenanya, dan dengan langkah-langkah baru yang dimulai karena kedatangannya. pasti banyak pembaharuan yang dicanangkan jiwa-jiwa muslim di sekelilingku berkenaan dengan Ramadhan kali ini.. semoga semangat itu bisa menular padaku dan menghangatkan azzamku untuk bangkit, menyongsong kemenangan..!!

merenungi Ramadhan-ramadhan yang lalu, amat pantas bila aku berharap pada Ramadhan kali ini, mengingat banyak penyesalan yang tak bisa disebutkan, terjadi pada Ramadhan-ramadhan lalu..

Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dibanding Ramadhan-ramadhan yang lalu.. Amiiin...


Gina Al ilmi
"agar hidup kita jadi sebuah do'a"

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home